Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi difusi inovasi dalam pendidikan dasar dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Difusi inovasi diartikan sebagai proses penyebaran ide atau praktik baru dalam komunitas sosial yang dapat mengubah pola perilaku dan meningkatkan efisiensi sistem pendidikan. Penelitian ini meliputi analisis literatur dan studi kasus mengenai penerapan inovasi dalam konteks pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa difusi inovasi melibatkan identifikasi kebutuhan, pengembangan dan sosialisasi inovasi, serta dukungan sumber daya yang memadai, dimana pentingnya pendekatan kolaboratif dan berbasis teknologi, serta tren pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan kecerdasan buatan yang semakin mendominasi. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam mengadopsi inovasi, seperti resistensi dari pendidik dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menegaskan bahwa difusi inovasi yang efektif dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan pendekatan yang inklusif dan sistematis, inovasi dalam pendidikan dasar diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif dan relevan.
Copyrights © 2025