Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember 2024 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Penerapan E-learning Berbasis Web sebagai Media Pembelajaran Geografi di SMPN 10 Takengon: Studi Kasus Topik Rotasi Bumi

Asri, Rahmadi (Unknown)
Afriyandi, Reza (Unknown)
Dewi, Ratna (Unknown)
Asry, Lenawati (Unknown)
Amna, Amna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran Geografi di SMPN 10 Takengon, khususnya pada topik rotasi bumi. Penerapan e-learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mempermudah akses materi ajar serta meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning berbasis web dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi rotasi bumi. Selain itu, e-learning juga memberikan fleksibilitas dalam mengakses materi dan melakukan pembelajaran mandiri. Secara keseluruhan, penerapan e-learning berbasis web terbukti efektif sebagai media pembelajaran Geografi di SMPN 10 Takengon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...