Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengimplementasikan media pembelajaran Ular Tangga Cerdas dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kepuasan belajar siswa kelas III dan IV SDN 38 Ampenan. Metode yang digunakan meliputi identifikasi masalah melalui observasi awal, perencanaan, pembuatan media, dan pelaksanaan pembelajaran berbasis permainan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi selama proses pembelajaran, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media ini berhasil menarik minat siswa, meningkatkan keterlibatan aktif mereka, dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Ular Tangga Cerdas terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran matematika, yang sering dianggap sulit oleh siswa. Media ini direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran yang membutuhkan pendekatan kreatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025