Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Bahasa Arab siswa, proses pembelajarannya dan upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Mambaul Ulum. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab dikarenakan kurangnya paham siswa akan pentingnya bahasa arab, kurangnya siswa menyerap materi-materi yang disampaikan guru, dan cara belajar siswa yang kurang efektif menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Strategi yang dilakukan oleh guru bahasa Arab yakni dengan menggunak metode pembelajaran yang variatif, berupa metode pembelajaran demonstrasi, metode drill dan pembelajaran berkelompok, strategi yang selanjutnya yakni evaluasi diakhir pembelajaran. Hambatan yang dihadapi oleh guru bahasa Arab berupa minat belajar anak yang kurang terhadap pelajaran bahasa Arab karena pesepsi yang terbenam dikalangan peserta didik yakni pelajaran bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, selain itu juga motivasi dan kontrol orang tua terhadap anak yang sangat rendah menjadi salah satu faktor penyebabnya.
Copyrights © 2025