Berdasarkan pengamatan peneliti di SDS Kemala Bhayangkari 5 Jakarta Timur, peneliti melakukan observasi pada siswa kelas V dan mendapati beberapa siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPA terutama pada materi mengenal organ pencernaan manusia dikarenakan media pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dan hanya berfokus pada penggunaan media buku teks saja, sehingga siswa tidak mampu memahami materi secara keseluruhan dan cepat merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai yaitu dengan mengunakan media poster. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang adanya pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar IPA materi mengenal organ pencernaan manusia pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain nonequivalent control group design pre-test dan post-test, dengan responden 42 siswa. Berdasarkan perhitungan uji-T, Perbandingan skor pre-test dan post-test didapatkan hasil nilai t hitung = 3,89 > t tabel = 1,72. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, dan dapat dikatakan bahwa kelas yang menggunakan media poster mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan media buku teks. Jadi dapat disimpulkan bahwa media poster berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDS Kemala Bhayangkari 5 Jakarta Timur.
Copyrights © 2024