Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai etnis, suku, bangsa, dan budaya yang beraneka ragam.  Keanekaragaman ini harus tetap dilestarikan karena ini bagian dari identitas bangsa. Upaya yang dilakukan agar tetap lestari melalui pendidikan multikultural. Belum seluruh lembaga pendidikan memberikan perhatian khusus pada pendidikan multikultural. Pengabdian ini mencoba melakukan pemberdayaan terhadap guru SMPIT Rahmaniyah, Bogor dalam mendesain pembelajarn multikulural berbasis Artificial Intelligence (AI). Tujuannya adalah guru terampil menyusun desain pembelajaran atau modul ajar multikultural dengan memanfaatkan AI serta terampil mengimplementasikannya di kelas. Metode kegiatan yang dilakukan yakni, sosialisasi kegiatan dan analisis kebutuhan, pelaksanaan kegiatan, penerapan teknologi, dan fasilitasi kolaborasi antarbudaya. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini, yakni adanya peningkatan keterampilan guru dalam mendesain modul ajar multikultural. Dari rata-rata 6,8 menjadi 7,9. Begitu juga dalam penggunaan dan pemanfaatan AI, dari 6,0 menjadi 8,2. Keterampilan melakukan praktik pembelajaran juga meningkat, dari rata-rata 4,7 menjadi 8,2. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan keterampilan guru yang signifikan dalam pembelajaran multikultural
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025