Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai manajemen program penilaian hasil belajar berbasis e-rapor di SMPN 7 Mataram. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan program e-rapor adalah sebagai berikut program e-rapor merupakan sebuah inovasi dukungan pelayanan dari DAPODIK. Tujuan dari perencanaan ini untuk menjaga akuntabilitas penilaian, mempermudah tugas guru dalam menyiapkan laporan hasil belajar (LHB), mempermudah pengarsipan data nilai, dan menghindari kekeliruan penulisan rapor. (2) Pelaksanaan kegiatan dalam program e-rapor terutama dalam penginputan nilai dilakukan oleh semua guru dan tim TIK sebagai admin e-rapor. Ketika bapak dan ibu guru mengalami kesulitan dalam entri data nilai, dan dilaksanakan sesuai dengan panduan dari DAPODIK untuk menjaga akuntabilitas penilaian dan mempermudah tugas guru atau sekolah dalam menyiapkan LHB (Laporan Hasil Belajar), (3) Evaluasi program e-rapor dilakukan oleh Kepala Sekolah dan tim TIK dengan mendayagunakan wali kelas untuk evaluator nilai yang sudah dimasukkan ke dalam e-rapor. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SMPN 7 Mataram diharapkan mampu mewujudkan sekolah yang berwawasan teknologi dan mampu menjadi contoh sekolah lain khusunya wilayah Mataram.
Copyrights © 2023