Journal of Science and Education Research
Vol. 4 No. 1 (2025): Journal of Science and Education Research

Implementeasi Media Flashccard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas 2A SDN Pakis 1 Surabaya

Ningsih, Sri (Unknown)
Muharlisiani, Lusy Tunik (Unknown)
Rahayu, Mahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2A di SDN Pakis 1 Surabaya pada materi bangun datar matematika, yang memiliki hasil belajar rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bangun datar. Media kartu flashcard membantu siswa lebih memahami konsep bentuk datar dan meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah bentuk datar. Hasil belajar siswa meningkat dari 54,17% pada kegiatan pra-siklus, menjadi 79,17% pada Siklus I, dan akhirnya mencapai 88% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu flash dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, ...