Journal of Science and Education Research
Vol. 4 No. 1 (2025): Journal of Science and Education Research

Upaya Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD Kelas IV

Sulifah, Anik Sulifah (Unknown)
Nuryatin, Titik (Unknown)
Mursidik, Elly’s Mersina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa SD kelas IV melalui penerapan Project Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Josenan. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa dan populasi sebanyak 40 siswa. Total sampling merupakan tenik yang digunakan untuk pengumpulan sampel. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya keaktifan siswa dengan persentase keaktifan siswa sebanyak 70%. Pada Siklus I, keaktifan siswa mencapai 62.91%, yang menunjukkan kebutuhan untuk perbaikan dalam pengelolaan kelas dan dorongan partisipasi siswa. Siklus II mengalami peningkatan signifikan dengan persentase keaktifan mencapai 76.25%, setelah perbaikan strategi pengajaran dan pengawasan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, sesuai dengan temuan sebelumnya yang menunjukkan peningkatan keterampilan dan pengalaman pembelajaran aktif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya “Upaya Penerapan Project Based Learning Terbukti Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa SD Kelas IV”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, ...