JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 10, No 1 (2025): VOLUME 10 NUMBER 1 JANUARY 2025

Kecemasan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Novanto, Yogi Setya (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)
Safrihady, Safrihady (Unknown)
Oktavia, Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu; (1) mendeskripsikan tingkat kecemasan Guru dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar, (2) menganalisis perbedaan kecemasan Guru dalam implementasi kurikulum merdeka berdasarkan jenis kelamin dan kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain survei. Lokasi penelitian ini adalah sekolah dasar negeri di Singkawang. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru sekolah dasar kelas 1 dan kelas 4 yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka. Sampel yang diambil menggunakan Teknik sampling insidental sehingga jumlah guru yang menjadi sampel adalah 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung, sedangkan instrument yang digunakan berupa skala likert dengan pilihan sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai dan sangat tidak sesuai. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan manova. Hasil penelitian bahwa; (1) tingkat kecamasan guru masuk pada. kategori sedang dengan persentase 87,5%, (2) tidak dapat perbedaan yang signifikan antara Guru laki-laki dan perempuan serta guru yang mengajar di kelas 1 dan 4 terkait kecemasan dalam implementasi kurikulum merdeka dengan nilai signifikasi > .05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kecemasan guru dalam implementasi kurikulum merdeka berada pada kategori sedang dan cenderung naik pada level tinggi jika tidak dikontrol dengan baik. Kemudian tidak terdapat perbedaan yang signifikan terkait implementasi merdeka berdasarkan jenis kelamin dan kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...