Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa E-modul ikatan kimia berbasis problem based learning yang terintegrasi TPACK untuk pembelajaran fase F kurikulum merdeka. Perancangan serta pengembangan produk ini dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) dan metode pengembangan four D models (4D). Riset dilakukan sampai tahap pengujian validitas dan praktikalitas. Instrument uji validitas dan praktikalitas yang digunakan berupa angket. Tahap validasi produk dilakukan dengan pemberian instrument berupa angket kepada tiga Dosen kimia yang mengajar di Universitas Negeri Padang dan dua Guru mata pelajaran kimia di SMA Negeri 14 Padang. Proses analisis data hasil validasi produk menggunakan Aiken’s V dan proses pengolahan data praktikalitas menggunakan persentase skor kelayakan praktikalitas. Produk yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata validitas sebesar 0,82 dengan kriteria valid dan hasil pengujian tingkat praktikalitas produk bahan ajar terhadap guru dan peserta didik memperoleh persentase nilai 93% dan 92% secara berturut-turut dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas yang sudah dilakukan diperoleh kesimpulan yang menyatakan bahwa produk bahan ajar E-modul ikatan kimia berbasis problem based learning yang terintegrasi TPACK untuk fase F SMA telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Copyrights © 2025