Karakter gemar membaca dapat dilihat dari kebiasaan dan penerapan membaca dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan pembiasaan literasi membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan literasi menjadi upaya untuk menumbuhkan karakter gemar membaca pada siswa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi karakter gemar membaca, yaitu faktor faktor penghambat kurangnya peran orang tua dirumah untuk menanamkan kebiasaan membaca, faktor pendukung peran sekolah yang memberikan motivasi dan menyediakan program pembiasaan membaca untuk menumbuhkan karakter gemar membaca. Upaya yang dilakukan sekolah dalam terlaksananya kegiatan literasi dengan mensosialisasikan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, mengembangkan sarana dan prasarana untuk kegiatan pembiasaan literasi membaca seperti menyediakan dan meningkatkan jumlah buku bacaan yang lebih bervariatif. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap karakter gemar membaca siswa kelas 4. Berdasarkan data yang diperoleh, SDN Citeureup 03 kelas IV bahwa dengan pembiasaan literasi mampu menumbuhkan karakter gemar membaca dan mempengaruhi minat membaca siswa.
Copyrights © 2025