Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Teori Belajar Gagne Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat

Magfirah, Irma (Unknown)
Buton, Suhardi (Unknown)
Alkatiri, Sonia (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Teori belajar Gagne adalah pembelajaran yang memberi kontribusi terhadap adaptasi yang diperlukan untuk mengembangkan proses yang logis dan belajar itu bukan proses tunggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teori belajar Gagne terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 2 Buru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-exsperiment design bentuk the one shot case study. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Buru, Kecamatan Lyliali, Desa Jikumerasa. Pada penelitian ini kelas VII sebagai kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan teori belajar Gagne. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji indepndent tes dengan bantuan SPSS Version 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,068 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teori belajar Gagne terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 2 Buru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...