Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

Penerapan Strategi Project Based Learning Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam

Rinda Sari (Unknown)
Arlina (Unknown)
Devi Puja Kesuma (Unknown)
Muhammad Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Dengan menggunakan metode kualitatif fenomenologi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL melalui proyek pembuatan tasbih berdampak positif terhadap motivasi, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa. Proses pembelajaran terdiri dari enam tahapan: pemberian pertanyaan, perencanaan proyek, penentuan jadwal, pengawasan pelaksanaan, asesmen, dan evaluasi proyek. Hasilnya, siswa merasa lebih senang, aktif, kreatif, dan percaya diri dalam pembelajaran, karena strategi ini menekankan pembelajaran kolaboratif, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan PjBL sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Dengan menggunakan metode kualitatif fenomenologi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL melalui proyek pembuatan tasbih berdampak positif terhadap motivasi, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa. Proses pembelajaran terdiri dari enam tahapan: pemberian pertanyaan, perencanaan proyek, penentuan jadwal, pengawasan pelaksanaan, asesmen, dan evaluasi proyek. Hasilnya, siswa merasa lebih senang, aktif, kreatif, dan percaya diri dalam pembelajaran, karena strategi ini menekankan pembelajaran kolaboratif, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan PjBL sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...