EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 10, No 1 (2025): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Awalia, Nurhafipah (Unknown)
Sagala, Pehulysa (Unknown)
Syahri Nasution, Amanda (Unknown)
Siregar, Nurhafni (Unknown)
Arya Ihsan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keberhasilan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X DKV 2 SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil asesmen sumatif. Berdasarkan dari hasil asesmen diagnostik yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebesar 61,32%. Setelah dilakukan tindakan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus I yaitu 73,86%. Kemudian jika dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus II mendapat hasil sebesar 84,75%.. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas X DKV 2 SMK Negeri 10 Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...