Implementasi kurikulum pengetahuan agama dan pengetahuan umum di Pondok Pesantren Modern Ulul Albab Makassar dengan fokus pada integrasi kedua aspek pendidikan tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang melibatkan kiai, ustaz, santri, alumni, dan orang tua santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini berhasil mengintegrasikan pendidikan agama dan umum secara seimbang, menerapkan pendekatan holistik dalam kurikulum yang memungkinkan santri mengembangkan karakter, keterampilan, dan pengetahuan yang relevan dengan tantangan dunia modern. Fasilitas yang memadai dan manajemen kolaboratif antara pimpinan pesantren juga berkontribusi pada terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Dengan demikian, Pondok Pesantren Modern Ulul Albab dapat dijadikan contoh bagi pesantren lainnya dalam menciptakan generasi yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan global.
Copyrights © 2025