Seiring dengan perkembangan teknologi, sastra digital telah menjadi alternatif penting dalam dunia sastra kontemporer, yang memungkinkan pembaca untuk berpartisipasi aktif dalam menentukan jalannya cerita. Meskipun demikian, banyak mahasiswa yang masih terbatas dalam pemahaman dan keterampilan teknis terkait pembuatan sastra digital interaktif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura dalam mengembangkan cerita interaktif menggunakan aplikasi Twine. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap: sosialisasi, pelatihan teknis, dan presentasi diskusi kolaboratif. Pada tahap sosialisasi, sekitar 66% peserta menunjukkan pemahaman yang baik tentang fungsi digitalisasi sastra, meskipun mayoritas peserta belum memiliki pengalaman dalam membuat karya sastra digital interaktif. Setelah mengikuti pelatihan teknis tentang penggunaan Twine, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta tentang aplikasi tersebut. Sekitar 49% peserta kini memahami dasar penggunaan Twine, dan 30% peserta sangat paham dalam membuat cerita interaktif. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa mahasiswa telah memperoleh keterampilan teknis yang diperlukan untuk mengembangkan karya sastra digital interaktif. Kegiatan ini juga telah memperluas wawasan mahasiswa tentang potensi teknologi dalam dunia sastra. Oleh karena itu, disarankan untuk melanjutkan kegiatan ini dengan memperkenalkan lebih banyak alat digital serta meningkatkan literasi teknologi mahasiswa dalam mengembangkan karya sastra di era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025