ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025)

IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MENULIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

NISA, KHAIRUN (Unknown)
YULIAWATI, FITRI (Unknown)
KHOIRINI’MAH, SHINTA MELIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Writing skills are one of the basic skills that students must have in participating in learning process activities. However, there are still many students who still experience difficulties in writing that affect the achievement of the learning process. The purpose of this study is to analyze the difficulties of learning to write in children in one of the elementary schools in Siak Regency, Riau. The research method used was qualitative with a case analysis study approach. Data collection techniques in the form of subject observation, writing tests and CA homeroom teacher interviews then, analyzed by means of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the subject with the initials CA experienced writing difficulties including (1) Errors in writing letters: Capital letters, small letters, double consonants and diphthongs; (2) Word structure errors: Omissions, additions, changes and misordering of letters; (3) Spacing and proportion errors: Spacing between words, letter shapes and writing results and (4) Difficulty distinguishing letters: Letters with almost the same shape and sound. The cause is due to the lack of assistance and support provided by families and teachers and the lack of vocabulary mastered. Therefore, it is very important to have assistance from parents and teachers in the process of learning to write children besides that, special training is also needed to improve writing skills to get better. ABSTRAKKeterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki peserta didik dalam mengikuti kegiatan proses belajar. Namun, masih banyak dijumpai peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam menulis hingga mempengaruhi ketercapaian proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar menulis pada anak di salah satu sekolah dasar di daerah Kabupaten Siak, Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi analisis kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi subyek, tes menulis dan wawancara guru wali kelas CA kemudian, dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek berinisial CA mengalami kesulitan menulis diantaranya (1) Kesalahan dalam penulisan huruf: Huruf kapital, kecil, konsonan rangkap dan diftong; (2) Kesalahan struktur kata: Penghilangan, penambahan, perubahan serta salah menyusun huruf; (3) Kesalahan spasi dan proporsi tulisan: Spasi antar kata, bentuk huruf dan hasil tulisan dan (4) Kesulitan membedakan huruf: Huruf dengan bentuk dan bunyi yang hampir sama. Adapun penyebabnya karena kurangnya pendampingan dan dukungan yang diberikan oleh keluarga dan guru serta kurangnya perbendaharaan kosakata yang dikuasai. Oleh karena itu, sangatlah penting adanya pendampingan dari orang tua dan guru dalam proses belajar menulis anak selain itu, juga diperlukan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan menulis agar menjadi lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...