Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kreatifitas, dan motivasi terhadap kinerja guru di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pelaksanaan penelitian mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel pada peneilitian ini adalah 111 orang guru PUAD di salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja, kreatifitas, dan motivasi kerja guru PAUD. Selain itu, motivasi kerja juga memiliki pengaruh langusung terhadap kualitas kinerja guru. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh secara tidak langusng terhadap kreativitas dan motivasi kerja guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu internal maupun eksternal guru.
Copyrights © 2024