Pembelajaran IPAS yaitu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidupdan benda tak hidup di dunia serta interaksinya dan membahas kehidupan manusia sebagai individu serta makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungan. Salah satu model pembelajaran yang cocok dengan pelajaran IPAS yakni model pembelajaran PjBl, karena Model pembelajaran Pjbl merupakan pembelajaran yang menggunakan proyek dalam kehidupan sehari-hari serta dapatmembentuk motivasi yang tinggi terhadap siswa. Tujuan penelian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PjBL serta dampaknya pada kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpilan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi serta observasi.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBl pada kurikulum merdeka terdapat enam langkah: menentukan pertanyaan, membuat desain proyek, menyusun penjadwalan, memonitor kemajuan proyek, penilaian hasil, dan evaluasi. Adapun dampak positifnya dapat menumbuhkan minat belajar yang lebih tinggi.
Copyrights © 2024