Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 03 (2024): Volume 09, Nomor 03, September 2024 In Progres

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY SIPINTARCERMAT PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SDN DOROMUKTI

Achmad Firmansyah Putra (Unknown)
Wendri Wiratsiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis aplikasi android yang disebut SIPINTARCERMAT, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data penelitian diperoleh dari kelas V UPT SDN Doromukti, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan aplikasi ini dinyatakan sangat layak dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Uji kevalidan menunjukkan persentase 98,33% dari ahli media, 81,66% dari ahli materi, dan 91,42% dari ahli bahasa. Hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan persentase 100% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan produk melalui analisis N-Gain menunjukkan persentase skor siswa dengan kategori tinggi sebesar 30,8%, kategori sedang sebesar 65,4%, dan kategori rendah sebesar 3,8%. Rata-rata N-Gain adalah 63,7645 yang termasuk dalam kriteria efektif. Dengan demikian, aplikasi media pembelajaran SIPINTARCERMAT dapat dianggap sebagai solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan teknologi inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...