Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis aplikasi android yang disebut SIPINTARCERMAT, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data penelitian diperoleh dari kelas V UPT SDN Doromukti, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan aplikasi ini dinyatakan sangat layak dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Uji kevalidan menunjukkan persentase 98,33% dari ahli media, 81,66% dari ahli materi, dan 91,42% dari ahli bahasa. Hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan persentase 100% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan produk melalui analisis N-Gain menunjukkan persentase skor siswa dengan kategori tinggi sebesar 30,8%, kategori sedang sebesar 65,4%, dan kategori rendah sebesar 3,8%. Rata-rata N-Gain adalah 63,7645 yang termasuk dalam kriteria efektif. Dengan demikian, aplikasi media pembelajaran SIPINTARCERMAT dapat dianggap sebagai solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan teknologi inovatif.
Copyrights © 2024