Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 1 MLONGGO, KABUPATEN JEPARA

Sri Nurhayati (Unknown)
Tri Ani Setiorini (Unknown)
Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan prioritas utama dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Kepemimpinan kepala sekolah memegang peran strategis sebagai penggerak utama dalam pengelolaan institusi pendidikan, terutama dalam memotivasi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Mlonggo, Kabupaten Jepara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah secara konsisten menerapkan tiga dimensi utama kepemimpinan transformasional: motivasi inspiratif, kesadaran individu, dan stimulasi intelektual. Melalui motivasi inspiratif, kepala sekolah mampu menginspirasi guru untuk mencapai visi bersama. Kesadaran individu diwujudkan dengan memperhatikan kebutuhan personal dan profesional guru, sedangkan stimulasi intelektual diberikan melalui pelibatan guru dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah. Pendekatan ini terbukti meningkatkan komitmen, kepuasan kerja, dan kinerja guru secara keseluruhan. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan transformasional merupakan kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inovatif, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan model kepemimpinan pendidikan yang relevan di era modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...