Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Strategi Mnemonic Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menghafal Materi Pembelajaran IPA di SD/MI

Rahmadina, Desi Salsabila (Unknown)
Purwowidodo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Strategi mnemonic adalah alat bantu atau trik yang digunakan oleh pendidik untuk membantu siwa mengingat kembali materi pelajaran yang telah diajarkan dengan mudah, cepat dan tepat. Strategi mnemonic dapat dilakukan dengan beberapa langkah yaitu; Langkah pertama yang harus dilakukan guru untuk menggunkan strategi ini adalah mempersiapkan materi, Langkah Kedua guru harus mengembangkan hubungan-hubungan dengan materi yang disampaikan sehingga menjadi lebih familiar oleh peserta didik, Langkah ketiga guru harus memperluas gambaran sensorik, dan yang terakhir guru meminta siswa untuk mengingat kembali materi yang telah diajarkan (recalling). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan strategi mnemonic dalam pembelajaran IPA di tingkat SD/MI serta dampaknya terhadap daya ingat siswa. Metode penelitian ini adalah library research. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan mencari informasi yang menjadi kebutuhan penelitian dengan dibantu oleh buku, artikel, jurnal, dan karya ilmiah yang relevan dengan objek kajian penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi mnemonic dengan memanfaatkan kata-kata berirama yang mudah diingat dapat membantu siswa mengingat informasi dengan mudah, menggunakan kata-kata yang berulang-ulang, membuat cerita atau narasi yang terkait dengan konsep IPA, dan menghubungkan informasi dengan pengalaman sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...