Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PPKN di SDN Mojopurno 01 Kabupaten Madiun

Lailimuniffah, Saiyyidatul (Unknown)
Huriawati, Farida (Unknown)
Supadmiati, Supadmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Mojopurno 01 Kab. Madiun yang berjumlah 7 peserta didik. Penelitian ini dilakukan ketika melaksanakan PPL pada bulan Mei-Juni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I penggunaan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn dengan materi Pola Hidup Gotong Royong dinyatakan berhasil dengan presentase 80%, dengan rata-rata nilai diatas KKM. Sedangkan pada siklus II model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn dengan materi Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan dinyatakan berhasil dengan presentase 90% dengan nilai rata-rata mencapai maksimun diatas nilai KKM. Hal ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan terhadap presentase ketercapaian sebesar 10% dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata peserta didik mendapat nilai diatas 90 yang termasuk pada kategori sanagt tinggi terhadap implementasi model Problem Based Learning (PBL) yang mampu menciptakan suasana belajar kelas yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sesuai indikator yang diinginkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...