Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Para Guru SD di Sumedang

A'fiani, Nadia Nur (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Ali, Enjang Yusup (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada hambatan yang terdapat pada kebijakan Kurikulum Merdeka yang masih tergolong baru, yaitu kesulitan dalam memperoleh akses berbagai jenis informasi terkait kurikulum merdeka. Kemendikbudristek meluncurkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk membantu guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh para guru SD di Sumedang. Pendekatan Kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Studi kasus digunakan sebagai metode penelitian dalam penelitian ini karena ampuh untuk mengeksplorasi fenomena secara holistik dan mendalam, terutama dalam konteks penelitian kualitatif. Partisipan dari penelitian ini, yaitu guru kelas III, IV, V, dan VI yang mengajar mata pelajaran IPAS pada beberapa SD yang berbeda di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Wawancara dan studi dokumentasi digunakan sebagai metode untuk pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat antusias dengan PMM, namun kendala motivasi, akses internet, dan pemahaman kurikulum menghambat optimalisasi potensi platform ini dalam menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...