Artikel ini membahas pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa pada materi seni rupa 2 dimensi melalui metode quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V dengan teknik sampling jenuh maka semua populasi dikatakan sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V (lima) dengan 28 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol di salah satu SD Negeri di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pengaruh PjBL terhadap kreativitas siswa yang menggunakan model PjBL dan yang tidak dalam membuat karya seni kolase. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji paired sample t-test, dan independent sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari PjBL terhadap kreativitas siswa, yang terlihat dari hasil post-test pada kelas eksperimen yang berada pada kategori sedang dalam pembagian tingkat efektivitas analisis n-gain.
Copyrights © 2025