Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode tahdhir, itqan dan rabth dalam pembelajaran tahfidz di Madrasah Tahfidz Qur’an Asy- Syifaa Karawang. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat bahwa sebelum memasuki fase menghafal maka setiap peserta didik akan dimasukkan pada program tahsin yaitu memperbaiki bacaan Al-Quran sebelum peserta didik diharuskan mampu memabaca dan menghafal Al-Qur’an secara mandiri. Pelaksanaan tahfidzul Qur'an di Madrasah Tahfidz Qur’an Asy- Syifaa Karawang menggunakan metode tahdhir, itqan dan rabth. Tahdhir adalah persiapan bacaan sebelum dilaksanakannya setoran hafalan baru setiap harinya dengan target yang telah ditentukan disetiap kelasnya dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Itqan adalah penguatan hafalan baru yaitu dengan cara mengulang hafalan yang baru disetorkan dihari sebelumnya. Rabth yaitu menggabungkan hafalan baru dengan 5 halaman sebelumnya. Pelaksanaan tahfidzul Qur'an dengan metode tahdhir, itqan dan rabth dan jadwal setoran dan murojaah lainnya yang telah dibuat serta kegiatan pendudukung lainnya sudah berjalan dengan efektif, sehingga harapannya seluruh peserta didik mampu menyelesaikan target hafalan yaitu 10 juz dengan baik dan benar serta kuat dan lancar dengan waktu yang telah ditargetkan yaitu selama 6 tahun (kelas1-6). Dan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan dapat mengamalkan isi dan kandungannya dengan baik dalam aplikasi kehidupannya. Evaluasi pada metode tahdhir, itqan dan rabt dilakukan dalam 5 tahap yaitu evaluasi harian, evaluasi pekanan, evaluasi setengah juz, evaluasi 1 juz, evaluasi bulanan dan evaluasi tahunan.
Copyrights © 2025