Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B dengan Tema Tari Nusantara dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung

Salamah, Anis Binti (Unknown)
Purwowidodo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dan dampaknya kepada peserta didik. Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam kehidupan sehari-hari yang hidup dalam diri setiap peserta didik melalui budaya sekolah melalui pembelajaran dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penelitian lapangan. Penelitian ini berparadigma post positivistik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru pengajar kelas IV yang telah melaksanakan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, dan 2 peserta didik kelas IV sebagai peserta kegiatan P5, observasi partsipatif kegiatan P5 di SDI Bayanul Azhar dan studi dokumentasi. Dalam penerapan kurikulum merdeka, peserta didik mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam model mingguan dan bulanan, juga per semester. Pelaksanaan kegiatan P5 merupakan salah satu kegiatan projek krikulum merdeka. Kegiatan yang dilaksanakan di SDI Bayanul Azhar bernamakan kegiatan Panen Karya dengan tema “Tari Nusantara”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...