Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas VC sebanyak 29 peserta didik dan lokasi penelitian di SDN Wonotingal Kota Semarang. Sumber data yang digunakan berupa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), informan yang terlibat, dokumen dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan TaRL melalui pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan tahap-tahap pendekatan TaRL yaitu melakukan asesmen diagnostik, mengelompokkan tingkat pemahaman peserta didik, menyusun rancangan pembelajaran berdiferensiasi, pelaksanaan pembelajaran, dan melakukan refleksi serta evalausi pembelajaran. Sehingga pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodir karakteristik, kebutuhan dan pemahaman peserta didik di kelas VC serta menciptakan pembelajaran yang berpihak dan memerdekakan peserta didik.
Copyrights © 2025