Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang Kelas IV SDN Mojopurno 01 Madiun

Rosidah, Diah Ainur (Unknown)
Huriawati, Farida (Unknown)
Supadmiati, Supadmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dengan mengimplementasi pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas dilakukan secara nyata di kelas setiap Tindakan yang diberikan dapat memberikan Tindakan yang tepat untuk kemajuan pembelajaran peserta didik. Subjek penelitian dengan menggunakan 1 kelas IV SD sebanyak 7 peserta didik di SD Negeri 01 Mojopurno. Penelitian Tindakan Kelas dengan observasi di kelas dan memberi angket pemahaman belajar peserta didik dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 69.10% peserta didik merasa senang pada saat proses pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dengan Implementasi pendekatan TaRL karena dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing dan peserta didik menyukai kerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan pemahaman belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...