Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Peran Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Anak Usia SD dalam Menghafal Al-Qur’an

Ruswandi, Andi (Unknown)
Budianto, Budianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis lingkungan tempat tinggal siswa dan pengaruhnya dalam mendukung kemampuan menghafal Al-Qur'an, serta mengidentifikasi faktor-faktor lain yang berpotensi mendukung pengembangan kemampuan hafalan Al-Qur'an. Berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi di salah satu sekolah dasar tahfiz Al-Qur’an di Karawang, ditemukan bahwa lingkungan tempat tinggal memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kemampuan hafalan siswa. Terdapat tiga jenis lingkungan utama: pesantren, perumahan dengan banyak penghafal Al-Qur’an, dan perumahan biasa. Data menunjukkan bahwa siswa dari lingkungan pesantren mengalami tantangan dengan 44% tidak mencapai target hafalan dan 44% tidak kuat hafalannya. Siswa dari perumahan dengan banyak penghafal Al-Qur’an menunjukkan hasil lebih baik dengan 41% tidak mencapai target dan 24% tidak kuat hafalannya. Sementara itu, siswa dari perumahan biasa mencatat hasil terendah dengan 53% tidak mencapai target dan 41% tidak kuat hafalannya. Penelitian ini juga menyoroti peran krusial orang tua dalam keberhasilan hafalan anak. Siswa yang memiliki orang tua yang komitmen dan bekerjasama dengan sekolah cenderung mencapai target hafalan yang baik. Penelitian selanjutnya akan mengeksplorasi hambatan yang dihadapi orang tua dalam mendukung hafalan anak, dengan tujuan merumuskan strategi efektif untuk meningkatkan peran orang tua dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...