Penelitian ini meneliti tentang manajemen pendidikan karakter berbasisi panca disiplin di Unit Kepengasuhan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen di Unit tersebut dan apa fasilitas pendukung yang ada. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskripti agar penelitian bisa dilakukan secara mendalam dan mampu menggambarkan hasil penelitian secara obyektif. Hasil penelitia menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter berbasis panca disiplin di Pondok Pesantren Al Mukmin telah melakukan proses yang baik menggunakan pola POAC (planning, organizing, actuating dan controlling. Proses manajemen pendidikan karakter tersebut di dukung oleh ketersedian guru yang memiliki kemampuan bahasa asing terutama Arab yang baik, guru agama yang memadai dan kyai yang memiliki kematangan dalam beragama serta desain lingkungan yang baik. Adapun kendala yang dihadapi adalah durasi waktu kerja yang terlalu lama, kurangnya kesadaran sebagian guru dalam disiplin bahasa, dan perkembangan arus teknologi dan informasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024