Peningkatan mutu pendidikan memerlukan pendekatan pembelajaran yang tidak hanya efektif tetapi juga menyenangkan. PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) yang dipadukan dengan prinsip Gembrot (Senang, Termotivasi, dan Kreatif) merupakan strategi pembelajaran yang memenuhi kebutuhan tersebut. Pendekatan ini menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan kelas yang positif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber antara lain buku, jurnal, dan artikel ilmiah untuk menggali konsep, implementasi, tantangan, dan manfaat pendekatan tersebut. Temuan menunjukkan bahwa PAIKEM yang didukung dengan prinsip Gembrot dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga 30%, meningkatkan motivasi, dan berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan abad 21. Meski terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, namun pendekatan ini memberikan dampak yang menguntungkan bagi suasana pembelajaran dan kesehatan mental siswa. Keberhasilan implementasi tergantung pada pelatihan guru dan ketersediaan media pembelajaran. Pendekatan ini berpotensi menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan bermakna, sehingga menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas namun juga kreatif dan berkarakter.
Copyrights © 2025