Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 10 No 1 (2025): Volume 10 Nomor 1 2025 (Kurikulum dan Pembelajaran)

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Laeli Qadrianti (Unknown)
Islamiah, Nurul (Unknown)
Kadir, Muhammad (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Hasmiati (Unknown)
Auliyah, Nur Adriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada perguruan tinggi memiliki posisi yang strategis dalam melakukan tramisi pengetahuan, trasformasi sikap dan juga perilaku mahasiswa melalui pembelajaran. Upaya meningkatkan mutu lulusan dan pembentukan karakter bangsa perlu dilakukan perbaikan materi yang dinamis untuk mengikuti perkembangan dan materi pembelajaran harus dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Oleh karena itu, pembelajaran perlu ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk digunakan, dalam hal ini penggunaan aplikasi wordwall. Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia menggunakan aplikasi wordwall Program Studi PGMI Semester II dan 2) mengukur efektivitas penggunaan aplikasi wordwall dalam mata kuliah bahasa Indonesia Program Studi PGMI Semester II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (pre-experimental) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yakni mahasiswa semester II kelas A yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan yakni instrumen observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi wordwall efektif digunakan pada mata kuliah bahasa Indonesia Program Studi PGMI semester II dengan mengacu pada taraf signifikansi α = 0,05 artinya p < α = 0,000 < 0,05 maka iH1iditerima dan iH0 ditolak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...