Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Vol. 15 No. 1 (2025): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DISPLAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 17 PALEMBANG

Aryansya, Reni (Unknown)
Armariena, Dian Nuzulia (Unknown)
Marleni (Unknown)
Omar, Syafiq Arif bin (Unknown)
Hassan, Siti Mariam binti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran display dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 17 Palembang dalam mata pelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pre-test Post-test Design dan teknik Purposive Sampling. Nilai rata-rata pre-test siswa pada kelas eksperimen adalah 63,23, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 82,18. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai tt hitung > tt tabel (41,102 > 1,684), yang juga mendukung penerimaan Ha. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran display secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian ...