Prinsip aerodinamik pada helikopter, umumnya sama dengan pesawat fixed wing. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana simulasi aliran udara pada sebuah helikopter BELL 429 saat hover pada ketinggian 1000 feet dengan sudut 0°. Ada tiga pendekatan yang memungkinkan yaitu eksperimen (pengujian penerbangan nyata), analisis teori, dan komputasi (metode simulasi). Pada penelitian ini digunakan metode komputasi yang dikenal dengan Computational Fluid Dynamics (CFD). Adapun hasil yang diperoleh adalah ketika udara mengalir di permukaan main rotor blade kecepatan akan meningkat setelah melewati blade dengan maximum velocity 70.8 m/s dan akan kembali normal setelah menjauhi blade dengan nilai sama dengan nilai input, sedangkan tekanan meningkat sebelum melewati main rotor blade mencapai 97798.9 Pa dikarenakan terhambatnya oleh penampang blade.   The principle of aerodynamics in helicopters is generally the same as fixed wing aircraft. Therefore the purpose of this study is to find out how the air flow simulation on a BELL 429 helicopter when hovering at an altitude of 1000 feet at an angle of 0 °. There are three possible approaches, experiments (real flight test), theoretical analysis, and computing (simulation methods). In this study used a computational method known as Computational Fluid Dynamics (CFD). The results obtained are that when air flows on the main surface of the blade rotor, the speed will increase after passing through the blade with a maximum speed of 70.8 m/s and will return to normal after moving away from the blade with the same value as the input value, while the pressure increases before passing the blade rotor reaches 97798.9 Pa because it is hampered by the blade cross section.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019