Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol 13, No 1 (2025)

DESAIN ANTARMUKA WEBSITE PELAYANAN PENGADUAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

Panjaitan, Rosita (Unknown)
Maharani, Tiara (Unknown)
Syuhada, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang tampilan atau desain antarmuka website yang digunakan untuk pelayanan pengaduan pelanggan di PDAM Tirtanadi Cabang Pemasaran Air Limbah Kota Medan dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kebutuhan akan sistem pengaduan yang modern dan efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Metode ini diterapkan dalam lima tahapan utama design thinking, yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test, yang dirancang untuk memahami kebutuhan pengguna serta menciptakan solusi teknologi yang tepat. Prototipe dikembangkan menggunakan figma, dengan fokus pada fungsionalitas, estetika, dan kemudahan akses. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain antarmuka website yang telah dikembangkan tidak hanya mampu meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga memberikan transparansi dan efisiensi dalam proses pengelolaan pengaduan. Diharapkan, implementasi desain ini akan berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan, mempercepat penyelesaian pengaduan, dan memperkuat citra PDAM Tirtanadi sebagai penyedia layanan publik yang profesional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...