Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menciptakan peserta didik Indonesia yang memiliki kompetensi abad ke-21 sekaligus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Program ini dilaksanakan melalui lokakarya berbasis pendekatan andragogi yang melibatkan pengawas sekolah, kepala sekolah, dan komite pembelajaran di Kabupaten Dompu. Teknik pelaksanaan meliputi sesi refleksi, eksplorasi konsep, diskusi kolaboratif, demonstrasi kontekstual, hingga penyusunan kerangka projek dan asesmen yang efektif. Teknik analisis keberhasilan program dilakukan melalui pengukuran pre-test dan post-test, observasi dokumentasi, serta rubrik penilaian rancangan projek dan asesmen. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam merancang dan melaksanakan projek yang efektif, serta tercapainya indikator keberhasilan berupa peningkatan kualitas pembelajaran, motivasi belajar siswa, dan penguatan budaya positif di sekolah.
Copyrights © 2025