Anak-anak wajib dikenalkan pada pembelajaran Bahasa Inggris mulai sedini mungkin, sebab Bahasa Inggris merupakan bahasa yang universal. Semua pendidikan di indonesia memasukan Bahasa Inggris sebagai bahan ajar lokal yang wajib dipelajari mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Pendidikan dasar mengajarkan Bahasa Inggris guna melangkah ke pendidikan yang lebih tinggi. Karenanya , pembelajaran ini wajib dilakukan sejak pendidikan dasar. Namun karena melaksanakan situasi ini banyak murid yang menghadapi hambatan belajar Bahasa Inggris saat mempelajari tata bahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan atau kesulitan penggunaan present perfect tense di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah . Metode penelitian ini diperoleh dengan mewawancarai guru bahasa inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Hasil dari wawancara guru bahasa inggris Madrasah Ibtidaiyah telah menunjukkan bahwa siswa-siswa nya masih mengalami kesulitan memahami tata bahasa di dalam bahasa inggris khususnya penggunaan kalimat present perfect.
Copyrights © 2025