Kinerja pegawai merupakan salah satu faktor krusial yang memengaruhi efektivitas organisasi dalam mencapai tujuannya. Metode penelitian dilakukan dalam berbagai cara, diantaranya: Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Studi pustaka, yang berfokus pada beberapa indikator kinerja, seperti kompetensi, disiplin kerja, produktivitas, dan kepuasan kerja.Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, kinerja pegawai di bagian Umum dan Kepegawaian berada pada kategori cukup baik. Namun, terdapat beberapa aspek yang memerlukan perbaikan, khususnya terkait dengan disiplin kerja dan kepuasan kerja pegawai. Didapatkan dalam analisis regresi bahwa kinerja pegawai dipengaruhi secara signifikan oleh kompetensi dan kepuasan kerja, sementara pengaruh variabel disiplin kerja tergolong moderat. Selain itu, ditemukan pula kontribusi yang relevan, meskipun tidak signifikan secara statistik, dari faktor-faktor lain seperti motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada manajemen Sekretariat DPRD Kabupaten Cianjur untuk meningkatkan program pelatihan dan pengembangan yang berfokus pada peningkatan kompetensi pegawai dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif. Selain itu, disarankan untuk menerapkan kebijakan yang lebih tegas terkait disiplin kerja untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak manajemen dalam merancang strategi pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efektif guna mencapai kinerja organisasi yang optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025