Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
Vol. 11 No. 1 (2025): Januari 2025

Integrasi Teknologi Wearable Fitness Tracker pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kebugaran Siswa

Wahyono , Muhammad (Unknown)
Putra , Ismawandi Bripandika (Unknown)
Utomo , Gatot Margisal (Unknown)
Kusuma, Angga Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Teknologi mengalami kemajuan sangat pesat di beberapa tahun terakhir. Termasuk dalam dunia pendidikan dan keolahragaan. Namun kenyataannya belum banyak integrasi teknologi yang diterapkan sebagai pendukung utamanya pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh teknologi wearable fitness tracker terhadap peningkatan keaktifan dan kebugaran siswa. Tahapan metode penelitian dilakukan mulai dari pengambilan data pre-test keaktifan dan kebugaran siswa kemudian dilanjutkan dengan penerapan integrasi teknologi wearable fitness tracker dalam pembelajaran selama 6 minggu. Selanjutnya dilakukan pengambilan data posttest yaitu keaktifan dan kebugaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan fitness tracker dapat meningkatkan keaktifan dan kebugaran siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan teknologi wearable fitness tracker dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kebugaran siswa, sehingga penting kiranya setiap sekolah menyediakan sarana yang inovatif dan modern untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkr

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Physics Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi adalah jurnal pendidikan dan kesehatan yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juni. Memuat tulisan berbahasa Indonesia ...