Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education
Vol 2 No 1 (2025): Februari

Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Usaha dan Energi

Asra, Azmi (Unknown)
Junaidi, Nurhikmah Sasna (Unknown)
Efridayani, Efridayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teffinger berbantu media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 10 pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental yaitu one group pretest-posttest desaign. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 SMA N 1 Kepenuhan Hulu yang berjumlah 74 siswa. Teknik samplingnya menggunakan teknik purposive sampling dan sampelnya yaitu kelas X2 SMA N 1 Kepenuhan Hulu yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil angket secara keseluruhan diperoleh bahwa skor angket awal 50% dan akhir 76%, berarti bahwa adanya peningkatan sebesar 26%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger berbantu media video efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochamp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ruang lingkup tulisan yang akan diterbitkan pada jurnal ini antara lain: 1. Strategi, metode, model pembelajaran mencakup biologi, kimia, matematika dan fisika. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. 2. Media Pembelajaran meliputi pengembangan dan ...