Penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA4 pada mata pelajaran sejarah di SMA N 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakasanakan di SMA N 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil kegiatan pembelajaran, informan ( siswa, guru, dan kepala sekolah), dokumen, arsip, dan foto kegiatan. Melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing diskusi siswa ,menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Untuk Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) kelas XI IPA4 pada pembelajaran sejarah SMA N 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024 adalah 75, dengan prosentase ketuntusan klasikal ketuntasan minimal yang ditentukan 80%. Setelah diberikan perlakuan selama dua siklus hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa yang dicapai dapat dilihat dari rata-rata post test siswa yakni siklus I : 71,89 kemudian meningkat menjadi 84,42 pada siklus II. Dengan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I:60 % dan siklus II meningkat menjadi 80%.
Copyrights © 2025