SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal
Vol. 3 No. 1 (2025): Januari 2025

PEMANFAATAN TEKNOLOGI CLOUD STORAGE UNTUK PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI MI HIDAYATUS SALAFIYAH INDRAMAYU

Iswanto, Muhammad Edi (Unknown)
Wati, Vera (Unknown)
Yusuf, Arif Maulana (Unknown)
Irawan, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan administrasi di MI Hidayatus Salafiyah Indramayu melalui pemanfaatan teknologi cloud storage, khususnya Google Drive. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengurangi ketergantungan pada dokumen fisik dan mempercepat proses administrasi di sekolah. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung yang mencakup teori dasar tentang cloud storage, praktik penggunaan Google Drive, dan sesi diskusi interaktif. Evaluasi dilakukan pengamatan langsung secara partisipatif terhadap implementasi teknologi pasca-pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan Google Drive untuk mengelola file administrasi. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil dan perbedaan tingkat pengetahuan peserta, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi administrasi dan mendorong adopsi teknologi di kalangan guru. Keberhasilan pelatihan ini diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan pengelolaan administrasi secara digital. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif dalam jangka pendek, tetapi juga berpotensi untuk mendorong perubahan budaya digital di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SCSEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal is concerned and published articles related to the practice and processes of community service and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related ...