Pesatnya Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada dunia pendidikan. Pada lingkungan sekolah, baik Guru dan Siswa SMK harus memiliki keterampilan teknis serta kompetensi yang dapat dijadikan sebagai modal dalam menghadapi dunia kerja dan dunia Industri. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang bisa merangsang pikiran, pengetahuan dan keterampilan siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan media alat latih (Trainer). Untuk menunjang tercapainya proses pembelajaran secara maksimal maka dibutuhkan sebuah Trainer sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan teknis serta kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Trainer (Alat Latih) yang layak, efektif dan praktis untuk diterapkan di SMK sehingga dapat mengukur ketercapaian pembelajaran, peningkatan keterampilan teknis siswa dari implementasi produk Trainer. Penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan mengadopsi model ADDIE dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Hasil produk telah melewati validasi media dan materi, berdasarkan hasil penilaian dari 4 validator ahli media didapat hasil dengan rerata persentase 94,12 %, Sedangkan penilaian 3 ahli materi didapat hasil dengan rerata persentase 87,62 %. Semua validator menyatakan bahwa media Trainer (Alat latih) Perakitan Laptop sangat Layak untuk digunakan. Kemudian Implementasi Produk mengukur keterampilan teknis dengan perolehan nilai 80,45. Sedangkan respon siswa terhadap media mendapatkan nilai rata-rata 91,89% yaitu sangat praktis untuk digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024