Penelitian ini mengkaji peran pendidikan dalam upaya pelestarian hutan di desa-desa sekitar Hutan Lindung Bukit Daun di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran yang menggabungkan survei kuantitatif dan wawancara kualitatif, penelitian ini mengevaluasi dampak program pendidikan formal dan informal terhadap kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan. Temuan menunjukkan bahwa program pendidikan berbasis komunitas secara signifikan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterlibatan masyarakat dalam upaya pelestarian. Pendidikan formal di sekolah juga berperan dalam membentuk sikap konservasi di kalangan generasi muda, meskipun efektivitasnya masih terbatas tanpa dukungan dari pendidikan berbasis komunitas. Penelitian ini merekomendasikan integrasi pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum lokal serta penguatan kapasitas para pemangku kepentingan untuk mendukung pelestarian hutan yang berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024