Niat untuk berkunjung kembali adalah salah satu indikator penting keberhasilan suatu destinasi wisata. Keputusan wisatawan untuk kembali dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan pengalaman mereka selama kunjungan pertama, Oleh karena itu penting memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat berkunjung kembali agar dapat membantu pengelola destinasi wisata dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan daya tarik destinasi mereka melalui sebuah penelitian kualitatif dengan metode tinjauan literature sistematis. Adapun literature yang digunakan berbasis data SCOPUS dan data jurnal nasional akreditasi SINTA dengan rentang waktu terbit dari tahun 2018 hingga tahun 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan menyaring judul dan abstrak, kemudian selanjutnya dilakukan analisis sesuai dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat literature yang dianalisis dari Tahun 2018 hingga Tahun 2024 berfokus pada Niat Berkunjung Kembali Wisatawan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu Citra destinasi dan kepuasan pengunjung, serta penerapan kearifan lokal Tri Kaya Parisudha (berpikir yang baik, berkata yang baik, bersikap yang baik). Faktor dominan yang mempengaruhi Niat berkunjung kembali pada penelitian ini yaitu kepuasan. Faktor nilai kearifan lokal ternyata memiliki kontribusi positif terhadap niat berkunjung kembali. Temuan ini sekaligus menunjukkan kebaruan penelitian yang menyatakan bahwa penerapan kearifan lokal Masyarakat turut memegang peranan penting dalam meningkatkan niat berkunjung kembali wisatawan ke suatu destinasi, dan diharapkan temuan penelitian ini berkontribusi pada dunia akademisi dengan menggambarkan arah penelitian di masa mendatang.
Copyrights © 2025