Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 1 (2025): November - Januari

Pengaruh Antropomorfisme Merek dan Strategi Gamifikasi terhadap Retensi Pengguna pada Aplikasi Duolingo dalam Bisnis Islam

Al Farid, Leonard Jiro (Unknown)
Anggraeni, Erike (Unknown)
Rosilawati, Weny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Meningkatkan aplikasi pembelajaran menjadi lebih sulit akibat dari kemajuan teknologi, kesulitan yang paling utama terjadi karena banyaknya kendala distraksi digital yang membuat orang sulit untuk fokus dan berkomitmen dalam belajar. Tiap aplikasi pembelajaran mempunyai pendekatan tersendiri untuk memperkenalkan aplikasi serta mempertahankan penggunanya, salah satu contohnya adalah Aplikasi Duolingo yang memakai metode gamifikasi serta antropomorfisme merek untuk mempertahankan retensi penggunanya. Tujuan dari riset ini mempelajari metode gamifikasi serta antropomorfisme merek mempengaruhi retensi pengguna Generasi Z di Kota Bandar Lampung pada Aplikasi Duolingo. Sebanyak 100 responden diseleksi secara terencana serta disurvei memakai metodologi kuantitatif serta rumus Slovin. Penemuan riset menampilkan bahwa strategi gamifikasi (X2) mempunyai pengaruh yang positif pada retensi pengguna, tetapi antropomorfisme merek (X1) mempunyai pengaruh negatif. Penemuan riset ini dapat menjadi referensi pengembang aplikasi pembelajaran untuk menghasilkan metode pemasaran yang kreatif serta relevan pada masa digital, dan menawarkan perspektif baru tentang seberapa efisien taktik ini bekerja terhadap tingkatkan retensi pengguna

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PARADOKS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru dan bibliografi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyuntingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. ...