Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Pendidikan Islam adalah aspek integral dalam membentuk individu Muslim yang penuh pemahaman agama dan moral. Dalam upaya ini, hadis-hadis dari Nabi Muhammad SAW memiliki peran sentral dalam memberikan pedoman dan prinsip-prinsip yang relevan untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep tafsir tarbawi dalam pendidikan islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa tafsir tarbawi memberikan kesan keteguhan iman dan akhlakul karimah yang tidak diajarkan dalam pendidikan bernuansa barat, maka tafsir tarbawi bisa dikatakan objektif memegang peran ini walaupun bukan merupakan disiplin ilmu sendiri. Peran pendidik dalam menerapkan tafsir Tarbawi dalam pendidikan Islam juga perlu dipelajari secara detail, menyoroti perlunya pemahaman yang mendalam, memperbarui bahan ajar, memasukkan prinsip-prinsip Tarbawi, menunjukkan perilaku positif, dan mengembangkan kesadaran sosial di kalangan siswa. pendidik memainkan peran penting dalam menerapkan tafsir tarbawi pada Pendidikan Islam dengan cara memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep tersebut, memperbarui materi dan metode pembelajaran, menerapkan nilai-nilai tarbiyah, memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan mengembangkan kesadaran sosial pada peserta didik.
Copyrights © 2024