Perkerasan jalan raya adalah segala jenis material konstruksi yang dihampar dan dipadatkan di atas lapisan tanah dasar. Kualitas perkerasan jalan ditentukan juga dari sifat agregat dan hasil campuran agregat dengan material lain. Aspal merupakan senyawa hidrokarbon berwarna coklat gelap atau hitam pekat yang dibentuk dari unsur-unsur asphathenes, resins dan oils. Penggunaan filler pada campuran aspal adalah untuk mengisi rongga dalam campuran aspal, mengikat daya ikat aspal dan untuk meningkatkan stabilitas dari campuran aspal. Penambahan kadar filler akan memperbaiki ketahanan campuran aspal terhadap temperature tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh agregat yang menggunakan cangkang kelapa sawit pada campuran aspal AC-BC (Asphalt Concrete-Binder Course) terhadap nilai marshall. Dalam penelitian ini, pengujian dan persyaratan bahan yang digunakan sesuai dengan SNI Spesifikasi Umum Bidang Jalan dan JembatanTahun 2010, Departemen Pekerjaan Umum. Penelitian ini menggunakan empat sampel, yaitu sampel pertama menggunakan campuran cangkang kelapa sawit 30% dengan kadar aspal 5,5%, sampel kedua menggunakan campuran cangkang kelapa sawit 30% dengan kadar aspal 6%, sampel ketiga menggunakan campuran cangkang kelapa sawit 60% dengan kadar aspal 5,5%, dan sampel keempat menggunakan campuran cangkang kelapa sawit 60% dengan kadar aspal 6%. Dari hasil penelitian ini menggunakan tes uji marshall, hanya satu sampel satu, yaitu campuran cangkang kelapa sawit 30% dengan kadar aspal 5,5% yang mampu menahan beban roda lalu lintas dan bisa digunakan dalam perencanaan suatu perkerasan jalan local yang volume lalulintasnya rendah. Sedangkan ketig asampell lainnya tidak kuat menahan beban roda lalu lintas karena pada saat dilakukan pengujian menggunakan tes uji marshall, ketiga sampel lainnya meleleh sehingga tidak bisa digunakan dalam perencanaan perkerasan jalan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024